Tempat Wisata Berkesan Yang Pernah Di Datangi.

Tempat Wisata Di Kerinci



1.      Perkebunan Teh Kayu Aro



Kayu Aro adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kerinci, Jambi,Indonesia. Berdiri pada tanggal 12 Juni 1996 berdasarkan PP N0. 47/1996. Pusat pemerintahan di Batang Sangir. Kayu Aro terkenal sebagai daerah penghasil teh. Perkebunan teh Kayu Aro milik PTPN 6 adalah kebun teh terluas di dunia dalam satu hamparan. Kayu aro juga merupakan kebun teh di jambi yang tertua di Indonesia. perkebunan Teh kayu Aro berada di kaki Gunung  Kerinci. Teh produksi Kayu Aro diekspor keberbagai negara di dunia dan dalam negeri. Kebun Teh Kayu Aro merupakan perkebunan teh  tertinggi ke dua di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di kaki Gunung Himalaya  (4.000 m dpl). Selain sangat tinggi, perkebunan Teh Kayu Aro ini merupakan  perkebunan teh terluas didunia dengan luas 3.020 hektar. Perkebunan ini sudah ada  sejak tahun 1925 dan sebagian besar teh hasil produksi perkebunan ini selalu di  eksport kemancanegara.
Kayu aro merupakan daerah di kerinci yang memiliki suhu udara sangat dingin, , tidak heran karena kebun ini berada di  atas ketinggian 1400 – 1600 meter dpl, jadi siap-siap jika ingin kesana harus menggunakan pakaian yang tebal atau jaket yang tebal. Begitu juga dengan airnya. Namun udara dingin tidak menghambat kita untuk menyaksikan indahnya kebun teh dan gunung yang ada di kerinci. Pemandangan menakjubkan yang disuguhkan oleh alam membuat kita bersyukur akan kekayaan alam yang diberikan oleh Tuhan untuk Indonesia. Di kerinci tepatnya Kayu Aro masih sangat minim dikunjungi oleh wisatawan dan perjalanan untuk menuju kesana juga sangat jauh namun semua itu akan terbayar oleh pemandangan dari kebun teh, gunung kerinci dan udara dingin nya.


2.      Air Panas Semurup




Air Panas Semurup merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi.Tepatnya di Desa Air Panas Baru, Kecamatan Air Hangat Timur. Sumber Air Panas Semurup ini memiliki luas 76 m2. Air Panas Semurup yang keluar dari perut bumi merupakan sumber mata air panas alami dari kegiatan vulkanik. Air Panas Semurup ini sering mengeluarkan uap panas yang berbau belerang. Suhu Air Panas Semurup ini sekitar 85 derajat celsius. Sebelumgempa bumi tahun 1995 lalu di Kerinci suhu air ini lebih dari 100 derajat celsius. Ketika tiba di tempat ini wisatawan bisa melihat asap mengepul tinggi di mata air panas. Selain itu wisatawan juga bisa merebus telur atau pun pisang di sumber Air Panas Semurup ini. Di sekitar lokasi Air Panas Semurup terdapat fasilitas kolam pemandian yang dapat digunakan para wisatawan. Selain menikmati air panas dan telur dari para penjual kita bisa berfoto sebagai momen untuk dikenang nantinya.

3.      Air Terjun Telun Berasap




Air Terjun Telun Berasap adalah salah satu dari begitu banyak air terjun yang terdapat di Kabupaten Kerinci. Air terjunini memiliki ketinggian kurang lebih 50 Meter. Sumber air dari Air Terjun Telun Berasap adalah sungai-sungai yang berhulu disekitar Gunung Tujuh, dan sumber utama airnya adalah Air Terjun Gunung Tujuh, yaitu air terjun yang mengalir dari bibir Danau Gunung Tujuh yang terdapat di puncak Gunung Tujuh. Air Terjun Telun Berasap terdapat di Telun Berasap, Gunung Tujuh, Kerinci.
Air Terjun Telun Berasap menawarkan panorama alam yang asri. Masyarakat setempat memberikan nama telun berasap karena keunikan air terjun tersebut yang selalu diselimuti kabut air yang seolah-olah menyerupai asap putih, akibat derasnya air yang terhempas ke batu dan menguap, selain percikan air dari air terjun tersebt ditambah dengan udara dingin yang membuat nyaman berada disana. Disaat matahari bersinar terik, kadang muncul pelangi di airterjun ini. Dibalik  Air Terjun Telun Berasap ada sebuah goa yang cukup luas, namun karena derasnya Air Terjun Telun Berasap membuat belum ada orang yang menyelusuri goa tersebut secara menyeluruh. Untuk menikmati keunikan dan pemandangan yang disuguhkan oleh Air terjun Telun Berasap wisatawan dapat memilih beberapa cara, pertama yaitu dengan menikmati keindahan dari ketinggian disalah satu pondok yang ada disekitar air terjun. Kedua jika wisatawan cukup berani maka wisatawan juga bisa menikmati keunikan dan keindahan air terjun dengan langsung naik ke atas tepatnya dipinggir tebing Air Terjun Telun Berasap.



Komentar

Postingan Populer