Negara Indonesia yang Kita Idam-Idamkan

Indonesia yang Di Idam-Idamkan

Seperti apa Indonesia yang kalian idam-idamkan ?atau bagaimanakah Indonesia seharusnya ?

Indonesia merupakan Negara berkembang dan masih banyak aspek yang belum terpenuhi untuk menjadi negara maju. Masyarakat Indonesia menginginkan kesejahteraan, kemakmuran dan kesetaraan ekonomi, untuk memenuhi itu semua Indonesia harus mulai berbenah. Bukan hanya negaranya yang berbenah tapi juga masyarakatnya, mulailah dari membenahi diri kita sendiri.

Kita mengidam-idamkan negara Indonesia yang bisa terlepas dari KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), negara Indonesia yang memiliki hasil perekonomian yang tinggi, negara Indonesia dengan SDM yang berkualitas, kemajuan IPTEK, Hukum yang stabil, dan majunya pendidikan di Indonesia.

Masalah KKN banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia, sampai sekarang Indonesia masih belum bisa terlepas oleh masalah tersebut. Hukum yang belum stabil membuat KKN merajalela, banyak pejabat Indonesia yang mengkorupsi uang negara hingga milyaran rupiah, namun mereka hanya mendapatkan hukuman sekitar 5 tahun penjara, sedangkan seorang nenek yang hanya mencuri sebatang buah coklat mendapatkan hukuman yang tidak wajar. Masyarakat menginginkan hukum yang stabil antara orang-orang yang berada di atas (mreka yang memiliki uang dan kekuasaan) dengan mereke yang berada di bawah (yang tidak memeiliki uang dan kekuasaan) , namun tidak begitu kenyataannya. Hukum seharusnya tajam di atas dan tumpul di bawah bukan sebaliknya.

SDM pun menjadi modal sangat penting dalam pembangunan, untuk mencapai kemakmuran maka perlu meningkatkan kualitas SDM dan IPTEK. Indonesia memiliki jumlah penduduk usia kerja yang sangat besar. Jumlah penduduk yang sangat besar mempunyai keuntungan, yaitu sebagai sumber tenaga kerja dan sebagai pasar bagi produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan atau industri. Walaupun jumlah tenaga kerja Indonesia sangat besar, tetapi masih menyimpan sejumlah masalah yaitu kualitas yang rendah, jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja, persebaran tenaga kerja yang tidak merata, dan pengangguran yang masih cukup besar. Upaya untuk mengatasi rendahnya kualitas tenaga kerja antara lain dengan memberikan penyuluhan-penyuluhan dan keterampilan-keterampilan dan untuk mengatasi besarnya jumlah pengangguran antara lain adalah membuka lapangan kerja, mendirikan pusat latihan kerja, dan transmigrasi.
Untuk mendapatkan kualitas SDM yang tinggi dibutuhkan pendidikan yang tinggi pula, karena tingkat pendidikan penduduk yang tinggi dapat mempengaruhi perkembangan pembangunan Negara, untuk itu masyarakat juga mengidamkan Indonesia yang dapat lebih memperhatikan pendidikan agar tidak kalah saing dengan negara-negara lainnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pendidikan di Indonesia yaitu fasilitas, sarana dan prasarana. Faslitas pendidikan di Indonesia masih belum merata ke semua wilayah di Indonesi. Memang tidak mudah untuk memberikan fasilitas yang memadai untuk lebih dari 17.000 penduduk Indonesia terutama di daerah-daerah pelosok, tetapi setidaknya pendidikan di Indonesia harus memiliki fasilitas yang cukup untuk menunjang kualitas pendidikan dan membantu perkembangan negara Indonesia.Tidak lupa juga sarana dan prasarana yang kurang memadai, contohnya ada anak yang harus berenang untuk pergi ke sekolah karena tidak ada jembatan untuk mnyeberangi sungai tersebut. Kemudian kualitas para pengajar di Indonesia, masih banyak guru- guru yang belum memiliki kemampuan pengajaran yang baik karena banyak rakyat Indonesia yang masih belum menghargai profesi seorang guru atau pengajar dan juga masih kurangnya apresiasi pemerintah untuk para guru-guru di Indonesia .
Dengan tidak melupakan budaya dan adat yang kita miliki, dengan turut mengembangkan budaya di Indonesia juga merupakan sebuah bentuk pembangunan bagi Indonesia. Kita dapat melestarikan budaya dari masing-masing adat asal kita. Hidup yang kebarat-baratan bukanlah ciri dan karakter kita sebagai bangsa Indonesia, kita sebagai orang Indonesia memiliki adat kesopanan yang amat tinggi.

Selain aspek-aspek di atas, masyarakat juga mengharapkan meratanya perekonomian di Indonesia, agar berkurangnya tingkat pengangguran di Indonesia, dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru. Karena dengan meratanya perekonomian berkemungkinan bisa mengurangi kriminal di Indonesia. Banyaknya industri atau perusahaan di Indonesia yang dibangun sebaiknya bisa mempekerjakan masyarakat sekitar.


Banyak hal yang diidam-idamkan oleh masyarakat untuk Indonesia agar Indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik lagi dan bisa menjadi negara maju untuk kedepannya. Semoga dengan adanya apresiasi dari pemerintah dan masyarakat Indonesia sendiri bisa mempercepat perkembangan negara Indonesia dan membuat negara Indonesia menjadi negara maju di Asia. Namun semua itu akan menjadi siasia jika tanpa adanya kemauan dan kontribusi kita sebagai salah satu bagian dari sumber daya manusia dan sebagai warga negara Indonesia sendiri . Oleh karena itu marilah kita bersama membangun negeri kita Indonesia.

Komentar

Postingan Populer