Cara Membangun Passion Terhadap Budaya Indonesia

Cara Membangun Passion Terhadap Budaya Indonesia



Indonesia terkenal dengan beribu-ribu pulau, yang terdiri dari banyak suku dan keanekaragaman budaya  dari seluruh wilayah dari sabang sampai dengan merauke. Perbedaan suku membuat Indonesia juga memiliki banyak adat budaya baik dari segi kesenian mau pun bahasa. Namun akibat dari arus globalisasi, masyarakat banyak melupakan budaya nya sendiri contohnya saja adanya kpopers, sikap kebarat-baratan, pecinta anime dan cosplay, serta masih banyak lagi contoh lainnya. Mereka lebih mengagumi budaya Negara lain ketimbang budaya yang mereka miliki sendiri. padalah beragam budaya Indonesia dari setiap daerah memiliki keistimewaannya masing-masing dan dapat kita lestarikan dan kita perkenalkan seperti yang dilakukan oleh Negara lain dari korea,jepang dan lannya.

Untuk itu disini akan dijelaskan beberapa passion yang dapat saya lakukan dalam membangun budaya Indonesia yang mungkin dapat juga di terapkan bagi para netizen. yaitu :

1.   Mencintai dan memakai produk-produk dalam negeri
Banyak produk barang yang dihasilkan oleh  masyarakat Indonesia. terutama di bidang fashion seperti baju, tas, sepatu, dan kain batik yang merupakan produk asli Indonesia kemudian dalam bidang Seni rupa seperti gerabah lalu barang-barang elektronik, lalu dalam bidang kecantikan seperti produk-produk perawatan kulit wanita Indonesia menggunakan bahan dasar asli Indonesia. Dengan mencintai dan menggunakan produk lokal kita bisa ikut dalam menumbuhkan passion pada budaya Indonesia. Dalam setiap acara-acara besar atau event-event yang diadakan oleh banyak kalangan, batik merupakan fashion dan style yang selalu digunakan , batik juga sudah dikenal oleh dunia.

2.   Tidak melupakan sejarah Indonesia
Dengan tidak melupakan sejarah maka kita juga turut membangun budaya Indonesia dengan mengetahui asal budaya dan tetap mencermikan sikap dari budaya kita sendiri tanpa harus mengikuti arus dari sikap kebarat-baratan. Dari sejarah kita juga dapat mengetahui asal usul dari kebudayaan kita sendiri.

3.   Mempelajari budaya Indonesia
Selain kita mengikuti arus globalisasi kita juga tetap mencintai budaya Indonesia seperti dari lagu, tarian, dan music-musik dari alat music tradisional. Tidak hanya mempelajari nya dari sekola formal tapi kita juga bisa mempelajari budaya lewat mencintai budaya kita sendiri. Negara Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budaya. Disetiap suku yang ada di Indonesia memiliki kebudayaan yang berbeda-beda dari setiap daerahnya. seperti dalam bidang seni tari, seni musik, dan seni teater.  dengan beragam nya suku yang di Indonesia kita dapat mengenal dan mempelajari disetiap budayanya. Contohnya dalam seni musik, kita dapat mempelajari alat musik asli Indonesia dan menyukai lagu-lagu daerah asli Indonesia.

4.   Bergabung dalam komunitas
Bergabung dalam komunitas kesenian daerah yang ada di seluruh Indonesia dapat saling mengenalkan budaya dari daerah masing-masing, selain itu kita juga bisa menambah teman dengan bersosialisasi di komunitas tersebut. Dengan mengikuti komunitas kita juga dengan mudah bisa mendapatkan informasi tentang even-event maupun festival yang akan diadakan . selain itu kita juga bisa mengembangkan bakat dan saling bertukar pendapat tentang budaya Indonesia. didalam komunitas kita bisa membuat suatu pagelaran seni dan acara melestarikan budaya Indonesia dengan menampilkan kesenian daerah dari berbagai suku budaya Indonesia terutama budaya daerah kita sendiri. sehingga kita dapat memperkenalkan ke dunia bahwa Indonesia kaya akan Kesenian dan Budaya nya yang beraneka ragam. 

5.   Aktif di social media
Dengan aktif di sosial media seperti yang dilakukan anak-ank remaja jaman sekarang kita dapat meanfaatkan media sosial seperti instagram,twitter,facebook dan media lainnya dalam memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat dari dalam dan luar negeri. Dengan banyak nya pengguna sosial media maka akan sangat efisien dalam memperkenalkan budaya Indonesia.

6.   Ikut serta dalam kegiatan lomba
Mengikuti lomba yang diadakan oleh pemerintah atau yayasan-yayasan, seperti lomba tari tradisional, lomba menyanyikan lagu tradisional atau lomba lainnya, berarti kita telah ikut serta dalam membangun budaya kita sendiri sesuai minat dan bakat yang kita miliki.

7.   Mencintai kuliner Indonesia
Di setiap daerah pasti memiliki makanan khas nya tersendiri, selain dari jenis makanan , bumbu yang ada di dalam masakan pun juga pasti berbeda di setiap tempat atau daerah. Seperti dari jambi memiliki makanan khas yaitu tempoyak, dari Palembang memiliki makanan kas yaitu pempek, lalu dari padang terkenal dengan masakan padangnya yang pedas, lalu di jogja terkenal dengan kue bakpia, dari bogor terkenal dengan kue talas bogor dan masih banyak lagi daerah di Indonesia yang memiliki makanan khas nya tersendir. Dengan kita mencintai kuliner dari Indonesia kita juga turut mengembangkan budaya Indonesia yang berasal dari kuliner nya. Bahkan banyak dari warga asing yang menyukai kuliner Indonesia sepert sate, nasi goring, bakso dan masakan lainnya.

Komentar

Postingan Populer