Toleransi

Membangun Toleransi



Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi menghindarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.

Toleransi berasal dari kata latin Tolerare artinya dengan sabar membiarkan sesuatu. kalau toleransi dalam umat beragama adalah sikap sabar membiarkan orang lain meyakini dan memeluk agama serta beribadah menurut keyakinannya (toleransi ini sama dengan tenggang rasa).

Untuk membangun dan meningkatkan sikap toleransi dapat kita lakukan dengan beberapa cara seperti :

1.      Bergaul dengan semua orang

Sebagai generasi Millennial, memang memperbanyak teman itu sangat baik, tapi perlu kita ingat juga guys, jangan memilih-milih teman karena SARA, jika demikian berarti kamu belum memiliki tenggang rasa sosial. Jadi akan jauh lebih damai dan menyenangkan jika kamu bergaul dengan semua orang tanpa membedakan agama, ras, ataupun suku mereka.

2.      Menghormati hari raya agama lain

Saat merayakan hari raya keagamaan, seperti Natal dan Lebaran. Kita bisa bersama-sama menjaga serta menghormati orang lain yang sedang merayakan hari besar agama mereka. Walaupun kita  sedang tidak merayakannya tapi kita bisa menunjukkan rasa toleransi kepada mereka dengan tidak mengganggu acara hari raya agama tersebut.

3.      Tidak memaksakan kehendak

Dalam hal meningkatkan rasa toleransi, jika di dalam kehidupan kita sehari-hari lebih mengurangi rasa egois, serta belajar untuk tidak memaksakan kehendak kita, tentunya hidup akan jauh dari pertengkaran. Terutama dalam berpendapat, sebaiknya kita saling menghormati pendapat orang lain . dan bisa menerima masukan dari orang lain .

4.      Memberikan pertolongan pada yang membutuhkan

Manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial yang memang hidupnya saling membutuhkan satu sama lain di dalam masyarakat. Tentu sulit dibayangkan apabila manusia hidup menyendiri tanpa berteman dengan manusia lainnya. Oleh karena itu lebih baik jika bekerja sama tolong menolong, bahkan harus bersikap toleransi dalam berbagai aspek kehidupan.
5.      Saling memaafkan
Memberikan toleransi pada orang lain dengan cara saling memaafkan jika berbuat salah dapat memberikan hidup yang damai dan rukun dalam keluarga, teman dan masyarakat. Toleransi dalam memaafkan kesalaan orang lain dapat memberikan dampak yang baik pula untuk diri kita sendiri yaitu orang lain akan merasa nyaman didekat kita.
Jadi sebenarnya membangun dan meningkatkan rasa toleransi harus dibangun sejak dini agar kita generasi penerus bangsa ini bisa memberikan kontribusi positif untuk Bangsa Indonesia.
Manfaat Toleransi

Toleransi adalah suatu sikap yang mulia, dengan kita melakukan tolerasi berarti kita sudah menghargai HAM seseorang dan tentunya kita mendapatkan manfaat positif dari sikap toleransi, berikut manfaat toleransi :

1.      Kedamaian, Tidak akan pernah ada konflik di dalam kehidupan bermayarakat
2.      Keharmonisan dalam hubungan beragama, suku, budaya selalu terjaga
3.      Hidup bermasyarakat akan selalu tentram tanpa ada perasaan was-was.


Komentar

Postingan Populer