Pengembangan Fitur pada Aplikasi OLX

Pengembangan Fitur pada Aplikasi OLX

Pada kesempatan kali ini saya bersama kelompok akan membahas mengenai aplikasi OLX yang tentunya merupakan sebuah aplikasi jual beli online yang telah banyak dikenal masyarakat. Kami memilih untuk mengembangkan aplikasi OLX merupakan sebuah ide dari salah satu anggota kelompok yang dilatar belakangi karena sebelum nya ia memiliki masalah pada saat membeli sebuah produk di OLX . karena ada beberapa masyarakat yang masih mengeluh mengenai aplikasi OLX, maka kami disini untuk memberikan beberapa solusi yang mungkin dapat membantu OLX dalam menjadi aplikasi yag lebih baik lagi.

Dalam tugas softskill ini saya bertugas dalam mencari dan menjelaskan  kelebihan apa saja yang dimiliki oleh OLX . Jadi OLX sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti :
      1.      Iklan yang cepat direspon pembeli
Dikatakan cepat direspon pembeli karena setelah penjual memasang iklan suatu produk, pembeli biasanya langsung menannyakan ketersediaan produk begitu juga dengan lokasi penjual.
      2.      OLX menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa
OLX Indonesia menyediakan berbagai pilihan barang dan jasa, baik baru maupun bekas, dan bermacam alternatif yang mencakup seluruh daerah di Indonesia . Situs ini juga menyediakan tab spesifikasi produk atau jasa yang dibutuhkan, seperti merk, tipe, tahun maksimum dan minimun, serta harga maksimum dan minimum. OLX Indonesia juga tersedia dalam bentuk Mobile Version dan Official Application for Android. Tidak ada biaya untuk pemasangan iklan, kecuali apabila meminta layanan promosi tambahan (promo point)untuk iklan-iklan yang dipasangkan. Biaya yang dikenakan tersebut hanya bersifat “dianjurkan” buka “diharuskan”. Jadi, apabila tidak ingin menggunakan layanan promosi tambahan, penjual tidak perlu membayar sepersenpun.
      3.      Cara  daftarnya  yang gampang dan gratis
Cara daftar di OLX dan cara pasang iklan di OLX sangat gampang. Hanya perlu beberapa menit untuk mendaftar dan jika sudah memiliki barang untuk dijual maka bisa langsung memasang iklan. Dan yang paling penting adalah memasang iklan di toko online ini tidak dipungut biaya sedikitpun.
      4.      OLX sudah terkenal di Indonesia
Dikatakan sudah terkenal karena OLX sendiri telah memasang iklan diberbagai tempat seperti di televisi dan hampir setiap rumah dari masyarakat iIndonesia memiliki televisi jadi sangat memungkinkan untuk dikenal oleh masyarakat.
      5.      Memiliki fasilitas verified account
Bagi pembeli verified account dapat membantu memberi gambaran kalau orang yang diajak bertransaksi dapat dipercaya. Untuk penjual, verified account bisa untuk menambah kepercayaan pembeli. Jadi verified akun sangat berguna untuk membangun sebuah kepercayaan pembeli karena terlihat jelas akun yang terverifikasi.
      6.       Memiliki Katagori dan Wilayah
Katagori yang beragam dan pembagian sesuai dengan wilayah iklan cukup membantu calon pembeli untuk membeli sebuah barang. Misalnya untuk produk elektronik, jika pembeli berada di depok maka pembeli bisa mencari penjual yang dekat dengan daerah tempat tinggal nya.

Selain kelebihan juga terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki oleh OLX, dan dari kekurangan tersebut kelompok kami akan  memberikan beberapa solusi untuk pengembangan fitur-fitur OLX. Solusi yang dapat kelompok saya berikan seperti Menambahkan custom filter untuk setiap kategori, Pembakuan format satuan yang digunakan dapat menyelesaikan masalah sorting, Menggunakan sistem reputasi/rating penjual pada websitenya, Menerapkan sistem pembayaran rekening bersama dan Gunakan sistem COD (Cash on Delivery) / Bayar Langsung . diharapkan aplikasi OLX dapat mengembngkan aplikasi nya manjadi lebih baik lagi terutama agar tidak mengecewakan user. Apalagi OLX merupakan aplikasi jual beli barang dan sering terjadi penipuan, jadi sebaiknya para pembeli bisa memilih akun-akun penjual yang terpercaya seperti melihat dari review dan respon penjual.





Komentar

Postingan Populer