Softskill "Analisis Aplikasi E-Commerce (Shopee)"


Analisis Aplikasi E-Commerce (Shopee)


Shopee merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang ada di indonesia, berada dibawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group) yaitu perusahaan Internet di Asia Tenggara. Dengan Menjalankan model bisnis C2C (customer to customer) mobile marketplace dan mall online yang diusung Shopee, memungkinkan kehadirannya dapat dengan mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat, termasuk di Indonesia. Shopee akhirnya resmi diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015 kemudian  diikuti oleh negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.
Mengusung visi "Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara", Shopee yang berada di bawah naungan CEO, Chris Feng, pria lulusan terbaik dari Universitas Nasional Singapura yang memungkinkan para penggunanya membeli atau menjual barang melalui aplikasi yang tersedia di platform iOS dan Android.
Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Sejak peluncurannya, Shopee Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan hingga Oktober 2017 aplikasinya sudah didownload oleh lebih dari 25 juta pengguna. Menawarkan one stop mobile experience, Shopee menyediakan fitur live chat yang memudahkan para penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi dengan mudah dan cepat.

Logo :

Jenis : Perseroan Terbatas
Industri/jasa : Belanja Daring

Shopee Indonesia sebagai sarana jual beli daring yang menyediakan berbagai produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang mencakup fashion, gadget, alat kosmetik, alat elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, perlengkapan olahraga, otomotif, vitamin dan suplemen, perlengkapan rumah, makanan dan minuman, souvenir dan pesta, hingga voucher belanja
Dalam sistem pembayaran Shopee Indonesia menerapkan sistem layanan jual beli interaktif antara penjual dan pembeli melalui fitur live chat. Shopee menyediakan berbagai sistem pembayaran melalui transfer bank, Indomaret, Kredivo, hingga kartu kredit. Selain itu, tersedia juga dompet elektronik, Shopee Pay yang dapat menyimpan seluruh dana, baik dari penjualan atau pembelian.
Shopee Indonesia juga memiliki fitur “Koin Shopee”, yaitu koin virtual yang diperoleh dari hasil pembelian barang dengan promo tertentu dengan sistem cashback. Nantinya, “Koin Shopee” ini dapat ditukar dengan diskon saat pembelian barang berikutnya.
Untuk memastikan barang yang dikirim penjual Shopee sampai ke pembeli, Shopee Indonesia memberlakukan sistem Garansi Shopee sebagai jaminan uang akan kembali seratus persen apabila barang tidak sampai.
Selain itu shopee Indonesia  juga memiliki dukungan logistik yang berkerjasama dengan beberapa jasa logistik di Indonesia, seperti JNE, J&T, GO-JEK (Go-Send), dan Pos Indonesia untuk membantu proses pengiriman barang. 

Tampilan Home Shopee







Tampilan shopee sebelum register atau login akun .


Tampilan saat akan register akun .


Tampilan shopee saat akan login akun .


Tampilan setelah memiliki akun shopee.


Tampilan fitur live chat .


Tampilan produk yang masuk keranjang untuk selanjutnya ke proses chekout.


Tampilan kategori produk yang ditawarkan.


Tampilan fitur Notifikasi 


Tampilan Timeline shopee




Shopee sangat memudahkan pengguna dalam berbelanja, terutama bagi seorang pemula. Kelebihan dari shopee sendiri selain mudah dalam penggunaan aplikasinya, dalam berbelanja shopee menyediakan banyak kategori barang dalam berbelanja, barang-barang yang disediakan pun termasuk murah dan terdapat barang grosiran sehingga bisa dibeli dalam jumlah banyak dan murah. Selain itu di shopee bisa mencari barang yang sama dengan harga yang relatif lebih murah. 
Dari awal masuknya shopee ke Indonesia hingga sekarang selalu menawarkann ongkos kirim gratis ke seluruh indonesia yang bisa dinikmati bagi para pengggunanya. Walaupun faktanya hanya subsidi 30-50 ribu atau setiap pembelian produk dengan nominal harga yang ditentukan berlaku 1 kali digunakan untuk 1 akun(sewaktu-waktu dapat berubah) walaupun begitu nyatanya memang sangat membantu bagi seller dan reseller.
Apabila ada notifikasi stok produk secara otomatis akan berkurang ketika stok produk laku terjual, artinnya customer bisa langsung mengetahui melalui notifikasi pemberitahuan ‘stok produk habis”. Adanya layanan kontak pengaduan juga sangat membantu apabila ada terjadi komplain karena bisa langsung ke customer service shopee melalui pesan email ataupun telepon.
Shopee menyediakan refund atau pengembalian barang yang disebut dengan garansi shopee, yaitu apabila barang yang telah dipesan dan dibeli tidak datang atau tidak sampai ke alamat maka pembeli bisa lapor ke pihak shopee untuk mendapatkan pengembalian uang 100% dari shopee. Dengan adanya refund bisa meminimalisir terjadinya penipuan.
Adanya fitur live chat sehingga memudahkan pembeli dan penjual dalam berkomunikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbelanja dan berkomunikasi sesuai dengan kenyamanan mereka. Dirancang untuk mewujudkan social commerce platform, Shopee mengintegrasikan fitur sosial mencakup fungsi hashtag, yang memungkinkan pengguna mencari tren barang/produk yang sedang populer atau untuk mengikuti tren terbaru secara mudah. Selain itu Shopee juga memiliki kelebihan lain berupa seller bisa mengirimkan foto dari luar produk, kata lain yaitu bisa mengirim foto langsungg dari galeri HP ke dalam chatting aplikasi shopee.
Saat ingin berbelanja pembeli bisa memilih barang sesuai kriteria penilaian produk yang diberikan oleh customer sesuai jumlah bintang yang diberikan yang dapat menandakan reputasi penjual / merchant. Jelas ini memudahkan buyer dalam menentukan reputasi toko yang ada. Dan setiap produk juga memiliki reviewnya masing-masing dan hasil feedback akan terkunci tidak bisa dihapus atau diedit sama sekali. Dari sana customer yang hendak membeli bisa mengetahui produk tersebut trusted(terpercaya) atau tidak. Terdapat kolom dropshipper sehingga siapapun bisa membantu menjualkan produk-produk yang dipasang. fitur yanng sangat simpel namun begitu powerful, user hanya perlu memasukkan nama dan nomor telepon.
Dalam mengapload gambar, shopee menyediakan hingga 9 frame gambar produk yang bisa diisi. Dan bisa lebih leluasa ketika menamakan produknya dengan judul atau nama yang sama dari satu produk dengan produk lainnya.

Namun dari kelebihan yang telah dijelaskan sebelumnya, aplikasi shopee juga sama dengan aplikasi yang lainnya yang masih memiliki kekurangan yang harus diperbaiki lagi. Seperti mengharuskan kita register dan memiliki akun terlebih dahulu jika ingin berbelanja di shopee sedangkan akun yang telah dterdaftar nantinya jika ingin dihapus maka harus menunggu 2x24 jam. Memang untuk kedepannya jauh lebih baik mendaftarkan akun sehinggga tidak perlu repot mengisi data-data kembali, namun tidak ada salahnya untuk memberikan opsi tambahan untuk “membeli tanpa register “ kepada user, karena tidak semua user senang berbelanja di marketplace dan tentu lebih cepat dan praktis untuk mereka yang baru pertama kali belanja atau jarang berbelanja online di marketplace. Tampilan antarmuka (UI) yang ditampilakn oleh shopee sangat monoton dengan warna orange disetiap sisi nya dan terasa berat. Apalagi bagi mereka yang tidak menyukai warna orange.
Bagi yang belum terbiasa berbelanja di shopee, lebih baik menggunakan metode pembayaran melalaui minimarket saja seperti alfamart atau indomart terdekat, karena metode pembayaran dengan transfer Bank di mesin ATM bisa dikatakan terlalu suit bagi yang belum pernah. Untuk layanan push atau mengiklankan produk, bisa memanfaatkan Iklanku shopee, hanya saja harus mengunjungi situs shopee versi desktop untuk menjalankan push/iklankan produk. Jika masih awam hal ini terlalu sulit dan tidak mudah dipahami. Jenis iklan shopee yaitu hanya mengandalkan keyword/kata kunci, #hashtag, dimana iklan produk akan muncul ketika pengunjung mengetik kata kunci #hashtag yang ada di dalam deskripsi produk shopee.
Penambahan fitur COD mungkin lebih baik karena ada beberapa buyer yang menginginkan COD/bayar di tempat karena merasa lebih aman, selain itu untuk barang-barang elektronik akan sangat dibantu oleh fittur COD dan hal terebut juga karena keamanan pembayaran bagi si pembeli. 

Komentar

Postingan Populer