Cerita Dibalik Tugas Softskill
Kali ini gue mau menceritakan pengalaman gue dalam
mengerjakan tugas softskill (Pengetahuan Teknologi Internet dan New Media)
dimana tugas yang diberikan oeh dosen gue yaitu pembuatan game edukasi untuk
anak usia dibawah 8 tahun atau setara dengan anak dibwah kelas 3 SD. Nah dalam
mengerjakan tugas softskill ini gue engga Cuma sendiri melainkan secara
berkelompok, dan kita semua punya tugasnya masing-masing.
Pertama-tama kelompok gue diskusi untuk menentukan ide, dan kami sering diskusi
disela-sela waktu setelah jam kuliah selesai. Setelah mendiskusikan tema, kami
memiliki tema masing-masing dari setiap anggota yaitu ada 7 tema. Dan untuk ide
gue sendiri, gue punya tema karaoke atau mirip dengan apllikasi smule tapi
dalam bentuk edukasi untuk anak-anak dan balita. Kenapa gue mikirin tema
karaoke ? karena dalam aplikasi game tersebut anak akan memiliki jiwa seni dan
kreatifitas, selain itu juga ada iqro dan al-quran di dalam nya supaya anak
terbiasa dan mencintai al-quran sejak kecil. Sekilas gue mau menceritakan ide
gue ini, dan untuk pengembangan dari tema gue sendiri, dalam game tersebut akan
ada pemilihan level, tingkatan level nya dilihat dari lama atau durasi dari
lagu anak-anak tersebut dan ayat dari alquran. Setelah memilih level maka anak
akan mulai bermain dengan cara menyanyikan lirik yang akan tempil pada layar,
kemudian akan ada lirik yang beberapa “kata” dihilangkan, dan anak harus
menjawab kata yang hilang tersebut. Begitu juga dengan alquran. Beberapa ayat akan
dihilangkan lalu anak akan menjawab ayat yang hilang tersebut, juga akan
diperhatikan bacaan dari si anak. Setelah bermain maka anak akan mendapatkan
skor. Lalu lanjut ke level berikutnya.
Pada minggu berikutnya gue dan kelompok berdiskusi lagi untuk
menentukan mana tema yang terbaik, dan ternyata ada salah satu teman gue yang
tiba-tiba udah mulai mengerjakan game dari ide ny sendiri. Maka jadilah tema
dari kelompok gue adalah Hangman. Game yang kami buat adalah berbasis Html atau
web. Tema kami juga langsung di accept
dengan dosen mata kuliah softskill (Pengetahuan Teknologi Internet dan New
Media). Jadi gue Cuma bisa memberi masukan dan tambahan ide untuk memperlengkap
game tersebut dalam pembuatannya. Selain itu gue turut membantu dalam mencari
bahan-bahan yang akan di input untuk menjadi bahasan soal pada game Hangman. Kami beriskusi lewat chat grup line beberapa
kali jika tidak sempat berkumpul untuk membahas langkah-langkah dalam
merealiasasikan game kami. Tahap per tahap pun dilakukan setiap minggu.
Pengaplikasian atau cara memainkan game Hangman yaitu
pertama anak akan memilih ingin bermain secara single player atau multi player.
Jika anak memilih secara single player maka akan ada 4 kategori yang pertama
ada kategori pahlawan, lalu hewan, provinsi dan budaya. Setelah memilih
kategori selanjutnya anak akan menjawab pertanyaan yang diberikan, untuk
menjawab pertanyaan anak bisa membaca clue dan melihat gambar yang ada pada
layar. Jika sudah tahu jawabannya maka anak bisa menjawab dengan mengklik huruf
yang telah tersedia. Apabila jawabannya benar maka akan muncul tulisan “you
win!”, anak bisa lanjut ke level berikutnya. Dan jika salah maka kalah, anak
bisa kembali ke menu atau mengulang menjawab pertanyaan. Kemudian untuk yanga
multy player cara pengaplikasian nya yaitu mereka harus bermain secara face to
face dan tidak bisa dari lokasi yang berbeda karena pemain harus memberi clue
dari soal yang mereka buat secara langsung, yaitu salah satu pemain menginput
jawaban sesuai yang ada di pikiran mereka, lalu memberi clue pada pemain yang
lainnya, dan pemain yang menjawab dengan menginput jawaban mereka, apabila
salah maka pemain memberi clue lagi secara spesifik dan pemain lain bisa
menjawab nya lagi.
Kesulitan yang kami alami dalam pembuatan game ini adalah
membuat kodingannya, karena berbasis Html, kami juga merupakan orang awam yang
baru belajar dalam membuat aplikasi berupa game. Dalam pembuatan game ini kami
menggunakan bantuan dari aplikasi yang bernama “Just in mind” untuk membuat
prototype atau desain dari game. Dari desain tersebut lalu kami hubungkan dengan
kodingan yang ditulis langsung pada web karena berbasisi HTML. Jadilah game tersebut pada H-1
presentasi. Ada perasaan lega dan senang juga karena bisa menyelesaikan tugas,
walaupun masih banyak kekurangan dari game tersebut dan belum sesempurna game
pada umumnya.
Pelajaran yang bisa gue dapat dari pengalaman tersebut
walaupun hanya sebatas tugas dari dosen, menurut gue, gue bisa belajar
bagaimana caranya bekerja sama dalam kelompok, gue bisa tahu bagaimana susahnya
oarang-orang bekerja keras dalam membuat sebuah aplikasi yang sempurna dan yang
bisa berguna bagi masyarakat. Karena makin berubah jaman , kebutuhan manusia
akan teknologi juga akan semakin tinggi. Namun semakin tinggi nya kebutuan akan
teknologi jangan sampai membuat kita menjadi malas dan lupa akan kewajiban.
Ok guys sedikit cerita dari pengalaman gue membuat game
edukasi untuk anak-anak. Maafkan kalau Cerita gue membosankan , karena gue tidak
pandai dalam bercerita. Semoga cerita gue tadi sedikit memberi inspirasi dan
wawasan untuk teman-teman. Have a nice day !
^-^
Komentar
Posting Komentar